Aneh Bin Nyata

Berita, Berita terbaru, Berita Unik, Berita Nyata, Berita Lucu, Berita terkini, Berita langka, berita aneh, berita unik, nyata, Lucu, terkini, gosip terbaru, gosip terhangat, berita olahraga, berita sepakbola, tips dan trik, wisata, berita wisata terbaru,

Warga Temukan Situs Saluran Air yang Diyakini Peninggalan Raja Airlangga

Nama Kelurahan Urangagung, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, kembali mencuat ke permukaan gara-gara situs purbakala. Sedikitnya ada tiga bangunan ditemukan warga yang diyakini merupakan bangunan bersejarah. Penemunya, lagi-lagi, Sugianto, warga setempat.

Galih Lintartika - Wartawan Radar Sidoarjo
SUGIANTO, 43, mengaku kembali bermimpi pada Minggu (17/1) malam. Dalam mimpinya, dia mendapati anak laki-laki yang minta digendong.
“Tapi saat digendong orang lain tidak mau. Dia maunya hanya sama saya saja. Kalau orang Jawa bermimpi mendapatkan anak berarti akan dapat rezeki.
Makanya, saya coba menggali bersama warga. Akhirnya, menemukan situs baru,” katanya kepada Radar Sidoarjo (Jawa Pos Group), Senin (18/1).
Sugianto bersama empat warga sudah menggali lokasi yang diyakini merupakan saluran dari bangunan lama.
Dari penggalian sedalam kurang lebih satu meter, dia menemukan tumpukan batu bata.
“Kelihatannya ini bangunan baru. Rencananya, Selasa (hari ini, red) kami gali lagi. Secara sepintas, bangunannya kayak sumur,” ungkapnya.
Dia berharap, pemerintah lebih terbuka dan mau mendalami situs di Kelurahan Urangagung ini. Sebab, dia percaya masih masih banyak bangunan purbakala yang belum ditemukan.
“Syukur-syukur pemerintah bisa membantu biaya untuk penggalian dan pencarian situs. Selama ini penggalian kami lakukan dengan uang swadaya,” paparnya.
Sugianto juga meminta pemerintah desa untuk merawat bangunan cagar budaya ini. Pasalnya, belum ada perhatian dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan, Mojokerto, dan pemerintah kabupaten, dan pemerintah provinsi.
“Kalau bisa sih dikelola kelurahan saja. Ini merupakan berkah dari Tuhan yang harus dijaga,” tandasnya.
Ustiaji, warga Urangagung, ikut bangga dengan adanya penemuan situs untuk ketiga kali di kelurahannya. Selama ini, menurut dia, banyak orang yang tidak mengenal Urangagung.
Namun, sekarang situasinya berbeda karena Urangagung makin dikenal setelah penemuan situs yang diduga bekas saluran air pada era Raja Airlangga, Kerajaan Kahuripan, itu.
“Jelas bangga karena saya ikut terlibat dalam proses penggalian,” ujarnya.
Sebelumnya, Sugianto menemukan situs purbakala di Urangagung pada bulan Oktober 2015 ini. Setelah itu, pada 27 Desember 2015, Sugianto kembali menemukan situs berupa sumur dengan kedalaman empat meter dan diameter satu meter.
Lokasi penemuan sumur ini berjarak sekitar 15 meter dari penemuan sebelumnya. (rek)

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Warga Temukan Situs Saluran Air yang Diyakini Peninggalan Raja Airlangga"